Random Post

Tuesday, June 8, 2010

MEMBERI TELADAN YANG BAIK UNTUK ORANG DISEKITAR KITA

MEMBERI TELADAN YANG BAIK UNTUK ORANG DISEKITAR KITA


Suatu ketika ada seorang kakek yang harus tinggal dg anaknya, menantunya, dan cucunya yang berusia 6 tahun. Tangan orang tua ini sangat rapuh dan sering bergerak tak menentu, penglihatannya buram dan cara berjalannya pun ringkih. Keluarga itu biasa makan bersama. Namun si orang tua pikun ini selalu mengacaukan suasana makan. Tangannya yang bergetar dan matanya yang rabun membuatnya susah untuk menyantap makanan. Sendok dan garpu kerap jatuh ke lantai, saat ia meraih gelas susu, segera saja susu tersebut tumpah membasahi taplak meja. Anak dan menantunya sangat gusar.

"Kita harus melakukan sesuatu," ujar sang suami.
"Aku sudah bosan membereskan segala sesuatu untuk Pak Tua ini."

Lalu kedua suami istri tersebut membuatkan sebuah meja kayu dan meletakkanya disudut ruangan. Disana sang kakek akan duduk makan sendirian, karena sering memecahkan piring, mereka memberikan mangkuk kayu untuk sang kakek. Sering saat keluarga itu sibuk dengan makan malam, terdengar isak tangis dari sudut ruangan. Ada air mata mengalir dari gurat keriput sang kakek. Namun kata yang sering diucapkan pasangan itu omelan agar jangan menjatuhkan makanan lagi.

Anak mereka yang berusia 6 tahun hanya melihat dalam diam.

Suatu malam, sang ayah memperhatikan anaknya yang sedang bermain dengan mainan kayu. Dengan lembut ditanyalah anak itu,
"Kau sedang membuat apa?"
Jawab anak itu, "Aku sedang membuat meja dan mangkuk kayu untuk ayah dan ibu, jika aku besar nanti akan aku letakkan disudut dekat meja tempat kakek makan".
Anak itu tersenyum dan melanjutkan pekerjaannya.

Jawaban itu membuat suami istri itu terpukul. Mereka tak mampu berkata-kata lagi. Airmata mengalir di pipi mereka. Walaupun tanpa kata2, kedua orang ini mengerti ada sesuatu yang harus diperbaiki.

Malam itu juga mereka menuntun sang kakek untuk makan malam bersama di meja makan. Tidak ada lagi omelan pada saat piring jatuh atau saat makanan tumpah di meja. Kini mereka makan bersama lagi di meja utama.

Sahabat.., marilah kita selalu memberi teladan yang baik untuk orang2 disekitar kita,
Karena itu adalah tabungan masa depan kita. Apa yang kita tabur, suatu saat pasti akan kita tuai.

Loading...

0 comments:

Post a Comment