Random Post

Sunday, March 3, 2013

Eksotisme Kawah Putih di Bandung Selatan

Bandung - Bagi anda pecinta keindahan alam, tak ada salahnya mengunjungi objek wisata Kawah Putih yang terletak di kawasan Rancabali, Kabupaten Bandung. Kawah yang berlokasi di kawasan Bandung Selatan ini jadi salah satu primadona tujuan wisatawan baik lokal maupun asing.

Di Kawah Putih, anda bisa menikmati keindahan alam berupa hamparan kawah berwarna putih yang sesekali berubah kehijauan. Sementara di sekelilingnya terhampar bebatuan putih dan beberapa pohon kering yang menambah eksotisme Kawah Putih.

Untuk menuju ke lokasi, anda perlu berjalan kaki sekitar 100 meter. Bagi anda yang membawa sepeda motor atau datang menggunakan bus, pengelola menyediakan sarana parkir. Setelah memarkirkan kendaraan, anda tinggal menggunakan kendaraan khusus yang dimodifikasi dan dinamakan ontang-anting.

Dengan kocek Rp 10 ribu, anda akan langsung diantar ke lokasi. Sementara bagi yang membawa mobil, anda bisa memarkirkannya di area parkir dekat kawah dan langsung berjalan kaki menuju lokasi.

Dari sana anda akan memulai perjalanan meniti anak tangga dan hamparan tanah yang tidak begitu luas. Beberapa meter sebelum menemui kembali anak tangga, anda akan disuguhi alunan kecapi yang dibawakan warga setempat di sebuah saung atau gubuk.

Begitu tiba di anak tangga selanjutnya, anda akan melihat dari kejauhan Kawah Putih yang dimaksud. Setelah melihat dari kejauhan, kemungkinan besar anda akan makin penasaran untuk segera mendekati lokasi kawah.

Selesai menuruni anak tangga, hamparan bebatuan berwarna putih akan menyambut pengunjung. Sementara jika memandang ke depan, keindahan Kawah Putih yang cukup luas langsung tersaji. Di sana anda bisa menikmati keindahan alam yang dianugerahkan Sang Pencipta.

Manajer Wisata Kawah Putih Lius Lottong mengatakan, objek wisata tersebut memang memiliki keunikan tersendiri dibanding objek wisata lain yang hampir serupa.

Di Kawah Putih, para pengunjung bisa langsung menyentuh air kawah. Itu lantaran Kawah Putih berada di Gunung Patuha yang sudah tidak aktif lagi sebagai gunung api.

"Kalau di sini kawahnya bisa langsung disentuh, kita bisa merasakan langsung suasana alamnya. Kalau di kawah lain sulit disentuh karena gunungnya masih aktif," ucapnya.

Sementara meski terbilang sudah aman, bukan berarti anda tak perlu melakukan persiapan. Sebaiknya siapkan masker sebelum menuju lokasi jika anda tidak terbiasa mencium bau belerang dari kawah yang cukup menyengat.

Selain itu, siapkan pula jaket karena udara di lokasi sewaktu-waktu bisa sangat dingin.

Untuk bisa menikmati keindahan Kawah Putih, anda cukup mengeluarkan kocek Rp 12 ribu pada hari biasa. Sementara saat hari libur atau masa liburan harga tiket yang harus dibayar yakni Rp 15 ribu.

Kawasan wisata Kawah Putih sendiri dikelola Perum Perhutani Unit III Jabar dan Banten sejak 26 Januari 1993 sebagai objek wisata alam alias ekowisata.

Loading...

0 comments:

Post a Comment