Random Post

Saturday, March 19, 2016

Tempat Wisata di Bogor Paling Recommended 2016

Tempat wisata di Bogor kebanyakan adalah tempat wisata yang berbasis wisata alam. Berlaku juga untuk destinasi wisata di Bogor dan sekitarnya. Ini disebabkan oleh curah hujan yang sangat tinggi di wilayah Bogor dan sekitarnya. Bentang alam Bogor menjadi sampel yang tepat atas citra Indonesia sebagai salah satu negara dengan hutan hujan tropis terluas di dunia. Kondisi yang demikian menjadikan Bogor sebagai tempat terbaik untuk orang-orang kota, baik Kota Jakarta maupun kota-kota di sekitarnya melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk kota. Bogor merupakan tempat terbaik untuk bercengkerama dengan alam dan kembali kepada alam. Di artikel kami berikut ini kami akan daftarkan bebeberapa tempat wisata di Bogor yang recommended dan bisa dijadikan pedoman untuk liburan Anda. Mari kita simak bersama.

1. Istana Bogor

Ingin melihat seperti apa tempat tinggal Presiden? Datang ke Istana Bogor, dimana Anda bisa berjalan-jalan berombongan dengan izin dari Sekretaris Negara, c.q. Kepala Rumah Tangga Kepresidenan, menikmati keindahan salah satu tempat wisata di Bogor ini sambil memberi makan langsung rusa-rusa dari Nepal. Tempat wisata ini juga merupakan tempat para petani lokal menjajakan wortel-wortel dari kebunnya untuk bisa Anda beli sebagai pakan rusa.


2. Kebun Raya Bogor

Ada yang belum pernah dengar tempat wisata di Bogor yang satu ini? Saya ragu. Objek wisata di Bogor yang paling terkenal ini memang kebun botani yang amat terkenal. Ada sekitar 15.000 koleksi tumbuhan dan pohon di area seluas 87 hektar. Dijamin pengetahuan flora Anda akan terpuaskan di Kebun Raya Bogor ini. salah satu yang paling menarik perhatian adalah keberadaan bunga bangkai (Amorphophalus titanum) yang sesuai namanya, mengeluarkan bau yang amat menyengat ketika akan mekar. Ada juga pohon kelapa dengan usia paling tua se Asia Tenggara, masih terawat dengan baik sampai sekarang.
Selengkapnya lihat: Wisata Edukasi di Kebun Raya Bogor

Wisata Kebun Raya Bogor

Sebab berstatus sebagai tempat wisata, maka muncul Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor: 106 Tahun 2012, Tanggal 24 Desember 2012, yang menyatakan bahwa sejak 1 Mei 2013, setiap pengunjung dikenai tarif sebesar Rp 14 ribu per orang. Untuk wisatawan asing Rp 25 ribu, kendaraan keliling roda empat Rp 30 ribu, dan kendaraan roda dua baik sepeda motor maupun sepeda seharga Rp 5 ribu.

3. Taman Safari Indonesia

Taman ini termasuk tempat wisata di Bogor taman safari. Biasanya juga disebut Taman Safari Bogor. Taman di Bogor ini sering mendapatkan penghargaan oleh karena pengelolaannya yang baik dan terus menjaga kepuasan pengunjung. Antar lain, Satyalencana Pembangunan Award, Best Indonesia Travel and Tourism Award, Sapta Pesona Award, Indonesia Green Award, dan Lembaga Konservasi Terbaik. Ini adalah merupakan tempat untuk Anda merasakan berkeliling taman yang dipenuhi oleh satwa-satwa menawan dan bisa berinteraksi langsung dengan mereka. Anda bisa benar-benar melihat hewan-hewan lucu dan menarik itu dari jarak yang sangat dekat, dan bisa sambil Anda kasih makan dari makanan yang sudah dipersiapkan oleh pihak pengelola. Anda bisa menaiki bus yang disediakan pengelola atau menaiki kendaraan pribadi.

Jungle Adventure di Taman Safari – Bogor

Alamat Taman Safari ini ada di Desa Cibereum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Koleksi satwanya beragam, yaitu sekitar 2500 spesies.Kebanyakan satwa yanga da dikategorikan sebagai satwa yang hampir punah. Misal, komodo, anoa, gajah, orang utan, singa, jerapah, harimau Benggala, dan lain sebagainya. Ada juga banyak fasilitas rekreasi seperti atraksi hewan, komidi putar, bombom car dan gokart, kesenian tradisional, taman burung, sepeda air, kano, kolam renang dengan seluncur ombak, danau buatan, dan lain sebagainya.

4. Museum Zoologi Bogor

Tempat wisata di Bogor yang satu ini lekat dengan citra membosankan, sebab museum selalu berkaitan dengan benda-benda bersejarah. Namun benda bersejarah di Museum Zoologi Bogor ini dijamin akan membuat Anda tertarik untuk menikmatinya sampai habis. Jika museum lain menyediakan benda-benda bersejarah, di Museum Zoologi ini Anda akan emnemukan banyak jenis hewan yang diawetkan. Koleksi satwa yang ada di museum ini banyak sekali, mulai dari satwa yang biasa Anda kenal maupun satwa yang belum Anda lihat, entah karena tidak ada di koleksi kebun binatang, ada di habitat yang jauh dari tempat Anda, maupun satwa tersebut memang sudah punah.

Wisata Museum Zoologi – Bogor

Untuk lengkapnya, koleksi Mamalia di Museum Zoologi Bogor ini sebanyak 659 jenis yang terdiri atas 30.000 spesies. Terkumpul dari berbagai binatang yang menghuni pulau-pulau di Indonesia. Koleksi ikan ada sebanyak 12.000 jenis, jadi ada sekitar 140.000 spesies. Untuk burung, ada sekitar 1000 jenis yang terdiri dari 30.000 spesies. Suhu di ruangan khusus burung ini dipertahankan agar selalu pada kisaran 22 derajat celcius untuk merawat koleksi agar tak mudah rusak. Sedangkan untuk amfibi dan reptil, museum ini memiliki koleksi hingga 763 jenis atau 19.937 contoh spesiesnya. Untuk Moluska lebih banyak lagi, yaitu 959 jenis untuk 13.146 jenis binatang. Spesialnya adalah museum ini menyimpan koleksi serangga terbesar di Asia Tenggara, dengan jumlah 12.000 jenis yang terdiri dari 2.580.000 spesies.

5. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor

Anda pastinya gampang lelah setelah menempuh perjalanan panjang menuju Bogor, atau sehabis berjalan-jalan di area wisata Bogor. Nah, untuk melepas lelah sebelum menuju ke tempat Anda menginap, alangkah baiknya jika Anda menyegarkan diri dulu di tempat wisata di Bogor bernama Pemandian Air Panas Tirta Sanita di daerah Ciseeng, Bogor. Pemandian air panas ini memang kurang terkenal dibanding tempat wisata lain di Bogor, namun soal kenyamanan tempat dan kepuasan, berkunjung kesini tak ada ruginya sama sekali. Anda hanya perlu berkendara selama 40 menit keluar dari tol Serpong, Tangerang.

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng – Photo www.desakupinter.com

Seperti namanya, wisata di Bogor yang satu ini berada di Desa Ciseeng, kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. Tak terlalu jauh sebenarnya dari Kota Jakarta, namun promosi tempat ini memang kurang, sehingga tak sepopuler tempat lain. karena belum populer, masuk ke tempat ini juga terbilang sangat murah. Pada hari biasa Anda dikenai tarif Rp 5.000 dan naik seribu jika memasuki akhir pekan. Sedangkan untuk anak tarifnya hanya Rp 3.500 saja. Parkirnya luas. Dan jika Anda menginginkan privasi, Tempat Pemandian Air Panas Tirta Sanita juga menyediakan ruang khusus untuk satu orang mandi air panas. Belerang yang terkandung di air panas ini terkenal memiliki khasiat yang dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit. Teratur mandi dengan air panas pengunungan juga dipercaya dapat menghaluskan kulit.

6. Kampung Sindang Barang

Objek wisata yang terdapat di Jawa Barat banyak yang berbasis budaya. Dalam arti di tempat tersbut Anda diajak mengenal budaya lokal setempat sebagai pengetahuan Anda pun sebagai hiburan yang tak Anda dapatkan di tempat lain. Di salah satu tempat wisata di Bogor ada juga kawasan wisata yang demikian, namanya Kampung Sindang Barang. Kampung wisata ini sangat tepat disebut sebagai kampung adat. Pasalnya, warga di kampung ini masih memegang teguh tradisi dan budaya yang secara turun temurun diwariakan dari generasi ke generasi. Menyempatkan diri sebentar ke Kampung Sindang Barang seakan Anda menemukan lagi jejak kebudayaan asli Sunda yang sudah mulai menghilang. Tak hanya itu, di kawasan kampung juga Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah dengan uadra sejuk khas pegunungan sebab letak Kampung Sindang Barang memang berada di kaku Gunung Salak.

Pemandangan di Kampung Sindang Barang

Secara administratif, kampung adat Sindang Barang ini masuk di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Anda cukup menempuh jarak brkisar 5 km dari pusat Kota Bogor. Sayangnya, tak ada angkutan umum untuk Anda bisa mencapai daerah ini. Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Dan untuk mencapai Kampung Sindang Barang ini Anda mesti memakai sepeda motor dengan kondisi jalan yang berliku-liku.

7. Taman Wisata Mekarsari

Tempat wisata di Bogor ini barangkali yang terkanal dan sejak beberapa tahun terakhir dianggap sebagai ikon baru wisata di Bogor. Letak Taman Wisata Mekarsari ada di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jonggol adalah tempat petokan yang bisa Anda tuju untuk mempermudah akses ke Taman Mekarsari entah Anda berangkat dari Jakarta, Bekasi, maupun Bogor. Di ikon tempat wisata di Bogor ini sebenarnya adalah tempat untuk melestarikan kekayaan hayati Indoensia khususnya buah-buahan tropis. Unutk tempat dengan tipe yang sama, Taman Buah Mekarsari masih yang terbesar di dunia. Buah-buahan jenis unggul di seluruh Indonesia terkumpul di Taman Mekarsari. Tempat ini juga berfungsis sebagai tempat penelitian permuliaan/breeding dan budidaya atau agronomi, pun memperbanyak bibit unggul sebelum akhirnya disebarluaskan ke masyarakat umum.

Wahana Taman Wisata Mekarsari

Ada beberapa sarana wisata di taman wisata mekarsari Bogor ini. Di taman dengan luas 264 hektare ini ada beragam wahana yang dibuat khusus untuk mendekatkan Anda kepada alam, antara lain Pongo Show, Bangunan Air Terjun (Puri Tirto Sari), Menara Pandang, Kids Fun Valley, Kawasan Bunga Bangkai, Sabut Kelapa Outbond, Greenhouse Melon, Garden Center, Kawasan Rusa Tutul, Baby Zoo, Danau rekreasi seluas 25 hektare, dan Family Garden untuk bersantai Anda sekeluarga.

8. Situ Gede Bogor

Situ adalah penyebutan lain untuk danau kecil. Situ juga bersinonim dengan telaga. Di beberapa tempat di Indonesia, situ memiliki sejarah dan legendanya sendiri yang membuat keberadaannya selalu menarik untuk dikunjungi. Salah satu objek wisata yang berbentuk situ dan cukuo terkenal adalah Situ Gede. Untuk menuju kesini Anda harus mencapai keluahan Situgede, Bogor Barat, Kota Bogor. Tempat wisata di Bogor masuk ke kawasan hutan yang digunakan sebagai hutan penelitian oleh Badan Litbang Kehutanan. Badan ini masuk sebagai bagian dari Departemen Kehutanan. Maka di sekitar danau juga terdapat Center for International Foresty Research atau CIFOR, dan lembaga penelitian lain.

Danau – Situ Gede Bogor

Jika Anda pecinta film atau sinetron, tempat ini mungkin sudah tidak asing lagi, sebab tempat ini sering dipakai untuk syuting film atau sinetron Indonesia. Hal ini disebabkan oleh keindahan bentang alamnya yang membuat para pengunjung merasa rileks dan nyaman. Situ Gede memiliki total luas sekitar 6 hektare. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar situ di sela-sela pepohonan rimbun. Jika Anda hobi memancing, Anda juga bisa melakukannya di Situ Gede. Anda dapat melakukannya di pinggir situ atau menyewa perahu. Jika Anda berangkat dari Kota Bogor, jaraknya sekitar 10 km. Patokan lain adalah Situ ini berada di utara Terminal Bubulak sekitar 3 km.

9. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Untuk Anda yang suka dengan suasana hutan dan ingin menemui beragam jenis flora dan fauna unik, datang lah ke tempat wisata di Bogor berbasis hutan nasional ini. Taman Nasional Hutan Pangrango adalah satu dari sekian banyak taman nasional di Provinsi Jawa Barat. Luas tepatnya adalah 21. 975 hektare. Tujuan utama dibuatnya hutan nasional ini adalah untuk menjaga konservsi flora khas pegunungan yang menawan beserta ekosistemnya yang penting untuk kehidupan sekitar. Usia taman nasional ini salah satu yang paling tua, yaitu diresmikan sejak tahun 1980. Wilayahnya berada di dua puncak yaitu puncak Gunung Gede dan puncak Gunung Pangrango. Mencangkup juga tutupan hutan pegunungan di sekitar dua puncak gunung tersebut.

Ragam flora atau tumbuhan yang bisa Anda temukan di hutan nasional sekaligus tempat wisata di Bogor ini sangat bervariasi. Yang banyak adalah flora khas hutan pegunungan. Tercatat ada sekitar 200 spesies anggrek di tempat ini. ada juga kurang lebih 150 jenis spesies paku-pakuan, dan yang menakjubkan ada lebih dari 870 spesies tumbuhan bunga. Maskot taman nasional ini adalah Edelweis Jawa (Anaphalis javanica) yang populer di kalangan para pecinta alam dan para pendaki gunung. Untuk hewan atau fauna, ada beberapa jenis hewan yang terancam punah di kawasan taman nasional ini. antara lain Anjing Ajag (Cuon alpinus), Lutung Surili (Presbytis comata), Owa Jawa (Hylobates moloch), Macan Tutul (Panthera pardus).

10. Wisata Taman Riung Gunung Puncak Bogor

Tempat wisata di Bogor selanjutnya adalah sebuah taman wisata yang berada di kawasan Puncak Bogor. Kawasan puncak barangkali kawasan dataran tinggi yang paling terkenal di Indonesia. Di tempat ini banyak terdapat tempat wisata berbasis alam dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Banyak juga ditemui villa dan penginapan untuk Anda sekeluarga menginap. Tempat wisata di Bogor ini juga berada pada kawasan yang demikian, sehingga amat sangat cocok untuk Anda melepas lelah dan mengumpulkan tenaga lagi sebelum balik ke rutinitas kerja di kantor. Jika ingin menemui Taman Wisata Riung Bogor, susuri saja jalan menuju Puncak, maka Anda akan segera menemuinya sebab letak tempat wisata di Bogor yang murah amat mudah ditemui di sepanjang jalan menuju Puncak.

Taman Riung Gunung Bogor – Photo travelblog.ticktab.com

Objek wisata di Bogor ini menawarkan beragam fasilitas yang bsia Anda nikmati bersama keluarga. Jika ingin menginap, ada camping area untuk Anda sekeluarga mencicipi pengalaman tidur di alma terbuka. Untuk berkemah ini Anda musti menyiapkan tenda dan segala macamnya. untuk relaksasi, Anda juga bisa mengunjungi Kolam Terapi Ikan atau Fish Terapy. Rasakan sensasi saat ikan-ikan kecil mengerubungi kaki Anda dan rasa geli saat ikan-ikan lucu itu memakan sisa kulit mati di kaki Anda. Penginapan di Taman Riung juga kategorinya murah, antara Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu saja. Bermalam di tengah perkebunan teh, dijamin tidur Anda nyenyak selalu.

11. The Jungle Waterpark

Tempat rekreasi selanjutnya adalah the jungle waterpark. Permainan air menantang, juga menguji adrenalin ada disini. Selain itu, permainan-permainan yang lebih aman untuk anak-anak juga ada.

The Jungle Adventure WaterPark Bogor – situs resmi thejungleadventure.com

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh Anda selama berada di tempat rekreasi ini. Salah satunya adalah menemani putra-putri terkasih dengan bermain wahana air yang menarik, makan siang di tempat-tempat yang sudah disediakan, juga menikmati nonton film di 3D cinema. Kebersamaan yang sangat jarang bisa dirasakan selama berliburan. Inilah yang membuat hubungan diantara keluarga tampak lebih harmonis dan bahagia.


Baca Juga  :Restoran RIndu Alam - Puncak Bogor"


Restoran RIndu Alam - Puncak Bogor

12. Warso Farm

Tempat wisata di Bogor yang bisa dikunjungi bersama keluarga lainnya adalah warso farm. Disini, beragam jenis pohon durian tumbuh subur, bahkan berbuah cukup banyak.Sensasi berada di warso farm adalah melihat ragam jenis pohon durian yang berbuah, begelantungan diatas pohon seakan ingin dipetik oleh wisatawannya. Pengalaman wisatawan selama berada disini adalah bisa mencicipi buah duriannya yang dijual disekelilingnya. Namun wisatawan tidak diperbolehkan untuk mengambil secara langsung dari pohonnya.

Warso Farm Bogor

Bagi pecinta durian, warso farm adalah surganya buah durian yang mana bisa dijumpai. Apalagi ketika lagi musim berbuah, maka wisatawan akan takjub melihat ratusan bahkan ribuan buah bergelantungan di pohonnya.
Nah, objek wisata di Bogor yang mana yang ingin Anda kunjungi? Nampaknya liburan bersama keluarga akan sangat panjang, yakni dengan menghabiskan waktu seharian disalah satu obyek wisata tersebut.
Kebutuhan Hotel dan Penginapan Sekitar Bogor
Tidak bisa dipungkiri jika wisatawan dari luar yang berlibur ke kawasan Bogor akan membutuhkan tempat untuk menginap, apalagi jika kunjungannya dalam waktu yang lama. Untuk mengantisipasi hal tersebut pemerintah kota Bogor sudah menyediakan berbagai pilihan akomodasi yang dapat disesuikan dengan kebutuhan. 

Itulah tadi daftar tempat wisata di Bogor rekomendasi dari kami. Semoga bisa menjadi referensi terbaik untuk liburan Anda sekeluarga saat menjelajah kota Bogor dan Sekitarnya.

sumber : hotelvilla.org

Loading...

1 comments:

Liburan Yuk said...

kalau anda lagi ke bogor jangan sampai lupa ketempat wisata disana sebelum menyesal seperti saya..

Post a Comment