Random Post

Sunday, September 21, 2014

Panduan Lokasi Ber-Adventure Untuk Penggemar Enduro Bermotor, Alam Indah & Mudah Akses

Banyaknya penggemar enduro bermotor, buka peluang lokasi olahraga ini makin berkembang. Meski begitu lokasi lama yang kerap digunakan untuk adventure masih tetap berdiri. “Di Bandung, lokasi Punclut masih tetap jadi favorit bagi para adventure muda,” ungkap Frans Tanujaya, mantan crosser yang juga dedengkot Trabas.

Frans menilai adventure bermotor dalam tiga tahun belakangan ini, memiliki intensitas kegiatan yang luar biasa. “Bukan saja di pulau Jawa di luar Jawa seperti Sumatera dan Sulawesi juga sudah cukup ramai,” katanya.

Lokasi lain di wilayah Jawa Barat yang kerap menjadi tujuan adventurer bermotor adalah kawasan Hambalang, Sentul, Bogor. Cepi Septiana, ketua panitia gelaran BJB Bandung Lautan Trail mengatakan jalur di sekitar lokasi adventure khususnya di wilayah Hambalang, Sentul cukup komplet. “Tanahnya licin, keras, ada bebatuan, dan beberapa kali melewati sungai” ujarnya.

BJB Bandung Lautan Trail untuk kedua kalinya digelar. Menurutnya, lokasi yang dipilih merupakan wilayah dengan kondisi panorama alam menarik. Seperti melewati wilayah Jatiluhur, Purwakarta.

Paling penting dari lokasi ini adalah kemudahan akses untuk keluar bagi peserta pemula. Frans Tanujaya mengungkapkan, tidak semua peserta merupakan kategori expert alias jago. “Lokasi yang baru seperti di Hambalang cukup menantang bagi peserta pemula. Selain itu, lokasinya masih dekat dengan on-road. Sehingga jika terjadi sesuatu terhadap peserta adventure penangan masih mudah dilakukan,” bilangnya.

Barce Eriawan pelatih dalam IMI Racing Academy menambahkan bahwa tren yang berkembang saat ini adalah komunitas adventure dan motocross saling mengisi. Seperti di sirkuit Foresta Adventure yang dikelolanya. “Ada pembagian antara sirkuit motocross dan adventure. Namun keduanya tetap membantu meramaikan arena,” kata Erik panggilan akrabnya.

Loading...

0 comments:

Post a Comment