Random Post

Sunday, September 14, 2014

Soto Banjar “ Nyaman” Antasari | Soto Banjar di Jakarta Selatan

Sajian khas kawasan Palempat, kota Banjarmasin ini aslinya memiliki kuah bening. Lalu oleh Bu Amir (alm) pada 15 tahun saat mendirikan Rumah Makan Nyaman yang khusus mengusung hidangan khas Banjarmasin, diracik dalam versi kuah susu hingga bisa menghasilkan tone gurih dan harum tak kalah dengan yang bersantan.

Semangkuk soto banjar berisi soun, perkedel kentang utuh, suwiran ayam kampung, telur rebus, dan taburan bawang goreng. Sambal rawit halus yang jadi pelengkap soto ini sangat istimewa karena didatangkan khusus dari Banjarmasin.

Selain soto, ada pula sate ayam atau sate sapi khas banjar yang diberi bumbu merah atau bumbu habang. Jika suka hidangan kuah bersantan yang sangat khas, coba pilih menu Ketupat Kandangan. Menu yang sepintas mirip opor ini terdiri dari irisan ketupat dengan ikan gabus bakar yang dimasak dalam santan dan bumbu putih. Kandangan merupakan nama salah atu daerah di Kalimantan yang cukup terkenal dnegan sajian ketupatnya. Uniknya, masyarakat asli di sana kerap menikmati sajian berkuah ini dengan tangan atau istilahnya dikacak. Makanya hidangan ini aslinya mengolah ketupat dengan tekstur yang lebih lembek seperti nasi.

Bicara soal nasi, ada pula hidangan dalam daun pisang bernama nasi pundut. Lontong gurih yang ditanak dengan santan ini biasanya cock disandingkan dengan sate banjar bersaus merah yang khas habang itu. Nasi pundut juga bisa disantap dengan aneka olahan bumbu habang di sini, mulai dari intalu (telur) dan ayam masak habang. Hidangan sehari-hari masyarakat Banjarmasin ini hanya muncul di  penghujung weekend saja di rumah makan ini.

Rumah makan langganan pejabat dan artis-artis ini juga punya menu andalan ayam bakar cincane. Ayam bakar khas Samarinda yang berbumbu santan merah ini juga sangat nikmat disantap dengan nasinpundut. Jika sedang musim, tutup acara berantap dengan es durian banjar yang menyegarkan. Hidangan yang terjasi mulai dari Rp 20 ribuan ini siap melayani pelanggannya mulai pukul 7 pagi hingga setengah sepuluh malam.

Soto Banjar “ Nyaman” Antasari, Ibu H. Amir
Jl. P. Antasari No.50 Cilandak Barat Jakarta Selatan
Jl. Tebet Barat Dalam Raya No. 7A Jakarta Selatan
(021) 765 4637
(021) 940 56115
0813 151 74844


@Info Tambahan : 


Coba juga Soto Banjar
dibelakang gedung DPR Senayan Jaksel dan Jl. H. Nawi Radio Dalam Jaksel (dekat Roti Bakar Edi)


Loading...

0 comments:

Post a Comment